Alqur'an - kumpulan artikel islam}

Laman Web
www.InspirasiIslam.hexat.com/moslem

Navigasi situs

Pencarian

Mencari Artikel Islam

- Sesungguhnya sebenar-benarnya perkataan adalah Firman Allah, dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan seburuk-buruk perkara adalah perkara yang baru dalam masalah agama. Sesungguhnya setiap perkara yang baru dalam agama adalah Bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat, dan setiap kesesatan ujung-ujungnya adalah Neraka.

News
NASA Sembunyikan fakta ilmiah Lailatul Qadar, ahirnya Carner pun masuk Islam

Alqur'an

Alqur'an

mendefinisikan Al-Qur'an sebagai berikut:"Kalam Allah yang merupakan mukjizatyang diturunkan kepada Nabi Muhammaddan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah". Adapun Muhammad Ali ash-Shabuni mendefinisikan Al-Qur'an sebagai berikut:"Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammadpenutup para nabidan rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibrildan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihahdan ditutup dengan surat An-Nas" Dengan definisi tersebut di atas sebagaimana dipercayai Muslim, firman Allah yang diturunkan kepada Nabi selain Nabi Muhammad, tidak dinamakan Al-Qur'an seperti Kitab Tauratyang diturunkan kepada umat Nabi Musaatau Kitab Injilyang diturunkan kepada umat Nabi Isa. Demikian pula firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammadyang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadits Qudsi, tidak termasuk Al-Qur'an. Nama-nama lain Al-Qur'an Artikel utama untuk bagian ini adalah: Nama lain Al-Qur'an Dalam Al-Qur'an sendiri terdapat beberapa ayat yang menyertakan nama lain yang digunakan untuk merujuk kepada Al-Qur'an itu sendiri. Berikut adalah nama-nama tersebut dan ayat yang mencantumkannya:
*.Al-Kitab (Buku) [2] [3]
*.Al-Furqan (Pembeda benar salah) [4]
*.Adz-Dzikr (Pemberi peringatan) [5]
*.Al-Mau'idhah (Pelajaran/nasihat) [6]
*.Al-Hukm (Peraturan/hukum) [7] *.Al-Hikmah (Kebijaksanaan) [8]
*.Asy-Syifa' (Obat/penyembuh) [6] [9]
*.Al-Huda (Petunjuk) [6] [10] [11] [12]
*.At-Tanzil (Yang diturunkan) [13]
*.Ar-Rahmat (Karunia) [10]
*.Ar-Ruh (Ruh) [14]
*.Al-Bayan (Penerang) [15]
*.Al-Kalam (Ucapan/firman) [16]
*.Al-Busyra (Kabar gembira) [17]
*.An-Nur (Cahaya) [18]
*.Al-Basha'ir (Pedoman) [19]
*.Al-Balagh (Penyampaian/kabar) [20]
*.Al-Qaul (Perkataan/ucapan) [21] Struktur dan pembagian Al-Qur'an Artikel utama untuk bagian ini adalah: Surat dalam Al-Qur'an, Makkiyah, dan Madaniyah Al-Qur'an yang sedang terbuka. Surat, ayat dan ruku' Al-Qur'an terdiri atas 30 juz,114 surah(surat) dan 6236 ayat. Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang dengan 286 ayat adalah surat Al Baqarahdan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An-Nasr dan Al-'Așr. Surat-surat yang panjang terbagi lagi atas subbagian lagi yang disebut ruku' yang membahas tema atau topik tertentu. Makkiyah dan Madaniyah Sedangkan menurut tempat diturunkannya, setiap surat dapat dibagi atas surat-surat Makkiyah(surat Mekkah) dan Madaniyah(surat Madinah). Pembagian ini berdasarkan tempat dan waktu penurunan surat dan ayat tertentu di mana surat-surat yang turun sebelum Rasulullah hijrahke Madinah digolongkan surat Makkiyah sedangkan setelahnya tergolong surat Madaniyah. Surat yang turun di Makkah pada umumnya suratnya pendek-pendek, menyangkut prinsip-prinsip keimanan dan akhlaq, panggilannya ditujukan kepada manusia. Sedangkan yang turun di Madinah pada umumnya suratnya panjang-panjang, menyangkut peraturan-peraturan yang mengatur hubungan seseorang dengan Tuhan atau seseorang dengan lainnya (syari'ah). Pembagian berdasar fase sebelum dan sesudah hijrah ini lebih tepat, sebab ada surat Madaniyah yang turun di Mekkah. [ butuh rujukan ] Juz dan manzil Dalam skema pembagian lain, Al-Qur'an juga terbagi menjadi 30 bagian dengan panjang sama yang dikenal dengan namajuz. Pembagian ini untuk memudahkan mereka yang ingin menuntaskan bacaan Al-Qur'an dalam 30 hari (satu bulan). Pembagian lain yakni manzil memecah Al-Qur'an menjadi 7 bagian dengan tujuan penyelesaian bacaan dalam 7 hari (satu minggu). Kedua jenis pembagian ini tidak memiliki hubungan dengan pembagian subyek bahasan tertentu. Menurut ukuran surat Kemudian dari segi panjang-pendeknya, surat-surat yang ada di dalam Al-Qur'an terbagi menjadi empat bagian, yaitu:
*.As Sab'uththiwaal (tujuh surat yang panjang). Yaitu Surat Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisaa', Al-A'raaf, Al-An'aam, Al Maa-idahdan Yunus
*.Al Miuun (seratus ayat lebih), seperti Hud, Yusuf, Mu'mindan sebagainya
*.Al Matsaani (kurang sedikit dari seratus ayat), seperti Al-Anfaal, Al-Hijrdan sebagainya
*.Al Mufashshal (surat-surat pendek), seperti Adh-Dhuha, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nasdan sebagainya
Artikel menarik Lainnya
Maaf Tamu?

UNDER MAINTENANCE
.
Masterlie
ingin menjadi Teman Anda
Konfirmasi


Chek Waktu Sholat


Kirim Sms Gratis!
Mengenal Sholat
Google



Web Image Mobile

.
Perkiraan Berangkat Haji
CHEK DI SINI
↑ Keatas(KeluarGuest?)
Url BlogTamu

counter visitor
online : 1 sehari 18 seminggu : 170 sebulan : 4742 Total:219545
Duren LeZaat...
Durian lokal Jepara

80s toys - Atari. I still have